Establishment Workshop: Research and Teaching Grant PIU IDB-LP2M Unmul 2017

29 September 2017

Pada hari kamis tanggal 28 september 2017, PIU IDB bekerjasama dengan LP2M Universitas Mulawarman telah menyelanggarakan kegiatan Establishment Workshop: Research and Teaching Grant. Dihadiri oleh kurang lebih 60 dosen dari 10 fakultas, acara yang diselenggarakan di hotel grand victoria ini dibuka oleh Ketua LP2M Unmul, Prof. Dr. Susilo, S.Pd, M.Pd dan dihadiri pula oleh Sekretaris LP2M Unmul (Prof. Enos Tangke Arung , Ph.D), Direktur Eksekutif PIU IDB (Dr. Mustaid Yusuf, S.Si, M.Si.), serta sekretaris eksekutif PIU IDB (Anton Rahmadi, S.TP., M.Sc., Ph.D).

Kegiatan yang terbagi menjadi 2 sesi ini diawali dengan sesi pemaparan dari 3 pemateri, dimana pemateri pertama adalah Dr. Mustaid Yusuf, S.Si, M.Si. dengan paparan umum program IDB, kemudian dilanjutkan oleh Prof. Enos Tangke Arung , Ph.D sebagai pemateri kedua yang memaparkan terkait urgensi penelitian dan tips menulis usulan penelitian, kemudian materi ketiga terkait pembuatan akun "Sinta" disampaikan oleh Anton Rahmadi, S.TP., M.Sc., Ph.D.

Adapun setelah istirahat makan sing, kegiatan dilanjutkan ke sesi kedua, yaitu coaching proposal. Pada sesi ini, setiap peserta dibagi ke dalam enam kelompok dimana masing-masing kelompok membentuk kelas kecil dengan 1 reviewer unmul sebagai tutornya. Proposal dari setiap peserta yang telah dikumpulkan sebelum acara berlangsung akan langsung dibahas oleh reviewer masing-masing dalam diskusi kelompok. Dalam kegiatan ini setiap peserta juga diperkenankan untuk berdiskusi ataupun meminta saran kepada reviewer terkait usulan penelitian.

Melalui kegiatan ini diharapkan memotivasi dosen dan meningkatkan kompetensi dosen dalam menulis usulan penelitian untuk kemudian dapat diusulkan pada skema-skema penelitian baik yang didanai pihak IDB, Ristekdikti, maupun pihak lainnya.