LP2MUNMUL - Penelitian Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Geospasial (PPIIG) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Unmul menggelar pertemuan dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Timur (Kutim) di Gedung Unmul Hub, Kamis (22/4). Pertemuan ini untuk menyepakati dan menyusun strategi penyelenggaraan pertemuan Konsultasi Publik Pertama mengenai Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJMD Kabupaten Kutai Timur Tahun 2021-2026 yang akan dilaksanakan 27 April mendatang.

Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Bidang Ekonomi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Ripto Widargo, dan jajarannya, Ketua LP2M Unmul, Anton Rahmadi, Ph.D, dan Koordinator PPIIG LP2M Unmul, Johanes Budi Sulistioadi, Ph.D.

Budi menjelaskan sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 tahun 2018 tentang Pembuatan dan Pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah menjadi sesuatu yang sangat penting dan diperlukan guna pemenuhan kualitas. Sebab, dokumen tersebut berisikan substansi rencana pembangunan berbasis analisis daya dukung dan daya tampung lingkungan, serta berorientasi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

“Disini PPIIG sebagai tenaga ahli pendampingan dalam penyusunan KLHS RPJMD. Rapat hari ini sebagai persiapan untuk pelaksanaan konsultasi publik pertama Kabupaten Kutai Timur,” ungkap Budi usai pertemuan tersebut.

Ia menambahkan persiapan yang mereka lakukan adalah melakukan kompilasi semua data yang telah disampaikan oleh OPD, membuat matriks Kerja Evaluasi Capaian TPB yang telah diisi dengan data dari OPD, membuat perangkat untuk membantu OPD merumuskan masalah, akar masalah dan isu strategis sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing OPD serta draft Berita Acara untuk disepakati oleh semua peserta Konsultasi Publik 1. (Web Admin : Jahlil, Redaktur : Nurliah)

LP2M Unmul, PPIIG, Bappeda Kutim