LP2MUNMUL - Penelitian Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Geospasial (PPIIG) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Mulawarman bersama Esri Indonesia mengadakan webinar dengan tema Digitalisasi Tata Ruang untuk Kalimantan yang Berkelanjutan, Rabu (19/5/2021) mendatang.  

Tema ini sangat menarik di tengah carut marut dalam penataan ruang dan banyaknya fungsi lahan yang saling tumpang tindih. Sehingga Universitas Mulawarman bersama dengan Esri Indonesia tergerak untuk membantu memberikan wawasan dan pemahaman mengenai tantangan yang ada di bidang perencanaan beserta bagaimana teknologi GIS dapat menjadi salah satu solusi dalam memecahkan berbagai tantangan tersebut.

Berbekal hal tersebut melalui kerjasama PPIIG Unmul dan Esri Indonesia menggelar webinar ini sebagai bentuk kolaborasi sehingga akan diperoleh berbagai masukan, tanggapan, dan usulan dari pemangku kepentingan seperti asosiasi usaha, praktisi, akademisi, dan Pemerintah Daerah.

Webinar ini menghadirkan pembicara berasal dari praktisi lembaga-lembaga berkompeten yang akan membedah dari sisi teknologi, institusi pendidikan, dan penataan ruang berbasis digital. Materi dari Kemen ATR/BPN membahas tentang konteks digitalisasi tata ruangnya secara umum, Bappeda Kaltim akan menyampaikan pengalaman selama ini dengan penyelenggaraan informasi geospasial, UNMUL akan menyampaikan penyiapan SDM yang siap untuk bekerja di bidang geospasial, ESRI menyampaikan inovasi teknologinya dan Pemda Bontang akan menyampaikan inovasi yang mereka lakukan dengan teknologi informasi geospasial.

Koordinator PPIIG LP2M Unmul, Y. Budi Sulistioadi, Ph.D menjelaskan bahwa teknologi GIS adalah salah satu solusi yang dapat membantu mempercepat proses, menganalisis, dan melihat konteks keruangan secara komprehensif.

“Sinergi dan kolaborasi antara pihak pemerintah pusat dan daerah, komunitas, institusi pendidikan, serta perusahaan swasta ke depan akan semakin dibutuhkan. Teknologi yang ada saat ini juga diharapkan dapat membantu kolaborasi tersebut, bahkan meningkatkan integrasi antar teknologi dan antar data yang telah ada dan dikembangkan saat ini,” terang dosen Fahutan ini.

Webinar yang berlangsung hari Rabu, 19 Mei 2021 pukul 08.30 hingga 13.00 ini menggunakan platform zoom. (NRH)

 

PPIIG, LP2MUnmul, Esri Indonesia, GIS