LP2MUNMUL – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unmul bekerjasama dengan Univesity Press/Sentra HKI Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Unmul menggelar Coaching perbaikan database SINTA untuk dosen FISIP, Jumat (9/4/2021).

Hadir dalam kegiatan ini Dekan Fisip, Dr. H. Muhammad Noor, M.Si, Wakil Dekan 1, Dr.Phil. I ketut Gunawan, MA, Wakil Dekan II, Dr. Finnah Fourqoniah, Wakil Dekan III, Dr. Hairul Saleh beserta para ketua prodi dan dosen Fisip. Dari LP2M Unmul hadir Ketua LP2M Anton Rahmadi, Ph.D, Sekretaris LP2M Uni Wahyuni Sagena, Ph.D dan Koordinator Mulawarman University Press/Sentra HKI yang juga merupakan tim verifikator SINTA, Zainal Arifin, M. Kom.

Dalam pembukaan kegiatan, Ketua LP2M Anton Rahmadi, Ph.D memberikan simulasi pembukaan website SINTA dan memvisualkan akun SINTA dosen-dosen di lingkungan Fisip. Ia juga memaparkan bahwa SINTA menjadi indikator penting dalam Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS). Dari sembilan standar akreditasi, penilaian SINTA masuk tiga standar yang bisa terlacak yakni standar 7,8,9 berupa penelitian, pengabdian masyarakat, dan HKI.“Ini akan tersingkron dengan PDDIKTI sehingga ketika akreditasi, tinggal melihat website SINTA lembaga. Sehingga tidak bisa bikin borang yang tak sesuai,” jelas Anton, Jumat (9/4/2021).

Pada kesempatan yang sama Zainal Arifin menjelaskan bahwa pengisian SINTA tidak terlalu sulit. Untuk itu Arifin mengatakan akan mensimulasi mulai dari pendaftaran hingga verifikasi. Terdapat dua orang yang menjadi tim verifikator SINTA yakni Zainal Arifin dan Awang Krida. Arifin juga menyampaikan bahwa pelayanan yang pihaknya berikan mulai dari lupa password hingga ganti email.

“Terakhir kami akan sinkronisasi sesuai profil bapak/ibu masing-masing yang kita konekkan dengan google scholar,” tuturnya.

FISIP, SINTA, Mulawarman University Press