LP2MUNMUL – Setelah meluncurkan program pembinaan start-up bisnis (StarBiz) 21 April pekan lalu, Pusat Produk Inovatif dan Inkubator Bisnis (IN2BIS) LP2M Universitas Mulawarman bersama UPT Perkasa dan Gojek, kini program ini mulai menjaring target melalui tahapan registrasi berupa pengisian form yang disebarluaskan secara daring via google form. Berikut linknya : https://in2bis.unmul.ac.id/index.php/program/unmulxgojek/reg-unmul-gojek/.

Koordinator IN2BIS LP2M Unmul, Dr. Hadi Pranoto, SPMP menjelaskan StarBiz merupakan sekolah bisnis yang diinisiasi Pusat IN2BIS LP2M Unmul dengan Gojek. Program StarBiz menyasar mahasiswa, alumni, dan mitra industri yang dibagi dalam tiga kelas, yakni Pemula, Bisnis, dan Pengembangan. Kelas Pemula disebut juga Pra-Inkubasi yang berfungsi untuk menumbuhkan dan menebalkan gagasan tentang Start-Up. Transformasi Bisnis merupakan tahap inti dari inkubasi di kelas kedua. Kelas terakhir adalah Pengembangan jejaring dan peningkatan skill yang dibungkus dalam kegiatan-kegiatan post-inkubasi. 

“Proses penjaringan ini penting karena lebih komplit informasi dan pengetahuannya. Bagi yang belum punyai ide akan masuk kelas mencari  ide, yang sudah punya ide akan masuk kelas pengembangan ide bisnis, yang sudah punya bisnis akan dilakukan pembinaan/pengembangan usaha, pemasaran online dan lain-lain,” terangnya. 

Ia mengakui dengan pengembangan program ini akan menjadi bagian penting dan strategis bagi universitas. Hal itu bermuara dengan adanya peningkatan pada Indeks Kinerja Utama (IKU)  Universitas. Indikasinya pertama dapat menciptakan lulusan yang berwirausaha sebanyak-banyaknya. Kedua, agar bisnis mahasiswa minimal bisa menghasilkan pendapatan/penghasilan minimal setara dengan Rp 1,2 juta x UMR atau sama dengan Rp 3,5 – 4 juta perbulan pendapatan dari usaha para mahasiswa.

“Dengan pendapatan minimal mahasiswa dapat memperoleh Rp 3,5- 4 juta perbulan, ini seperti dianggap telah mendapat pekerjaan,” ucapnya.

Program ini menargetkan 1000 mahasiswa yang terjaring mengikuti pelatihan Start Up khusus untuk wilayah Indonesia Timur. Target Unmul sendiri, minimal terjaring 250-300 StartUp. Proses registrasi penjaringan ini akan berakhir pada minggu terakhir bulan Mei. Ayoo cepat daftar di https://in2bis.unmul.ac.id/index.php/program/unmulxgojek/reg-unmul-gojek/.(NRH)   

LP2M Unmul, IN2BIS, StartBiz, Mahasiswa, Alumni