LP2MUNMUL – Coaching Clinic Proposal Pendanaan Riset Inovatif Produktif (RISPRO-LPDP) yang diadakan PUI PT Oktal LP2M Unmul menghadirkan empat pembicara grantees RISPRO-LPDP dari Universitas Mulawarman yakni Dr. dr. Swandari Paramita, M.Kes, Dr. Islamudin Ahmad, M.Si., Apt, Prof. Dr. Esti Handayani Hardi, S.Pi., M.Si dan Dr. Fajar Prasetya, M.Si., Apt. Peserta yang hadir berjumlah lebih dari 45 orang. Acara berlangsung melalui meeting zoom, Rabu (7/4/2021).

Peserta coaching clinic ini terdiri dari dosen dan peneliti di lingkungan Unmul. Diantaranya dari Fakultas Kehutanan (Fahutan), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Pertanian (FAPERTA) dan Fakultas Kedokteran (FK).

Salah satu narasumber yang juga Koordinator PUI PT Oktal LP2M Unmul, Dr. dr. Swandari Paramita, M.Kes menjelaskan, pendanaan RISPRO adalah program pendanaan riset baik kompetitif maupun inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan daya saing bangsa melalui komersialisasi produk/teknologi atau implementasi kebijakan/tata kelola atau publikasi.

Ia menambahkan untuk Pendanaan RISPRO Kompetitif, mekanisme pelaksanaannya melalui jalur daring yang ditentukan oleh LPDP dan diselenggarakan secara reguler, terdiri atas RISPRO Komersial dan RISPRO Kebijakan/Tata Kelola. Sedangkan Pendanaan RISPRO Inisiatif mekanismenya melalui jalur invitasi atau mandatori atau kolaborasi internasional yang

ditentukan oleh LPDP.

“Besaran Pendanaan RISPRO Komersial dengan luarannberupa produk atau teknologi untuk dikomersialisasikan setinggi-tingginya sebesar Rp. 2.000.000.000 (dua miliar rupiah) per judul per tahun,” jelas Swandari, Rabu (7/4/2021).

Para peserta cukup antusias bertanya dalam sesi tanya jawab. Salah satu pertanyaan peserta kepada narasumber adalah tentang riset ke arah sosial Humainora. Terutama riset humaniora yang dapat masuk dalam skema RISPRO- LPDP.

Untuk proposal pada coaching clinic pertemuan pertama ini masih dalam tahap penyusunan dan proses brainstorming dari narasumber. Direncanakan pada pertemuan kedua akan membahas mengenai penyusunan proposal dan peluang tema apa saja yang dapat diusulkan dalam RISPRO-LPDP. Pelatihan kedua akan dilaksanakan pada tanggal 14 April 2021. (Web Admin : Jahlil, Redaktur : Nurliah)

PUI- PT OKTAL, coaching, RISPRO