TRIBUNKALTIM.CO - Begini KKN online mahasiswa Universitas Mulawarman ( Unmul ) saat pandemi covid-19, kreatif bikin konten YouTube dan website desa, ini contohnya.  Di tengah pandemi covid-19, sejumlah kegiatan terpaksa dialihkan secara online atau daring ( dalam jaringan ) begitu juga Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) mahasiswa Universitas Mulawarman ( Unmul ). Meski KKN dilakukan secara online, sejumlah kegiatan kreatif tetap dilakukan mahasiwa untuk dapat membantu masyarakat desa, ini deretan konten YouTube dan website desa yang dibuat oleh mahasiswa KKN Unmul tahun 2020 ini.

Di tahun 2020 ini, pandemi covid-19 mengubah sejumlah aktivitas, kini KKN juga dilakukan secara online.

Seperti yang dilakukan mahasiswa Universitas Mulawarman ( Unmul ), Samarinda, Kalimantan Timur. KKN Kondisi Luar Biasa ( KLB ) 46 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ( LP2M ) juga dilaksanakan secara online.

 

KKN Unmul tahun ini digelar secara daring/online, mengingat pandemi Covid-19 yang mulai terjadi sejak Maret memaksa seluruh kegiatan diselenggarakan melalui daring dikenal dengan Work From Home ( WFH ).

Sehingga sejak pelepasan mahasiswa KKN Unmul tanggal 8 Juli 2020 di kantor Gubernur Provinsi Kaltim, hingga ditutup tanggal 18 Agustus 2020, semua berlangsung secara online. Secara keseluruhan KKN Unmul berjumlah total mencapai 2000an mahasiswa. Tersebar dari Balikpapan hingga Mahulu.

 

Untuk wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, ada 95 mahasiswa mengikuti KKN luar biasa ini yang tersebar di 16 desa di wilayah Kecamatan Muara Badak dan Marangkayu. 

Para perangkat desa menyambut baik hadirnya KKN Unmul, hanya tak begitu paham dengan KKN online.

Sebab KKN ini tak terlalu familiar dengan yang dilaksanakan selama ini.

Sejumlah Kepala Desa menyatakan kesiapannya menerima KKN tersebut namun berharap KKN tetap melaksanakan KKN offline yang diharapkan bisa membantu berbagai program kerja yang telah dicanangkan pemangku desa.

 

Seperti halnya disampaikan Kepala Desa Muara Badak Baru, Santan Ilir, dan Sukadamai, Kabupaten Kutai Kartanegara. Menurut mereka KKN ini tetap mereka terima, namun berharap mahasiswa tetap bisa turun ke desa dan membantu berbagai program kerja desa .“Kita sangat berharap KKN Unmul ini, di Desa Sukadamai sudah sejak 9 tahun tak pernah disinggahi KKN Unmul. Giliran dapat eh ternyata KKN nya online.

 

 

 

Lewat KKN KLB Unmul ini, mahasiswa memunculkan ide-ide kreatif untuk mengimplementasikan program kerja secara online.

"Program kerja yang mahasiswa buat berdasarkan latar belakang program studi yang mereka pelajari yang dikaitkan dengan kebutuhan desa," kata Nurliah, Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Unmul.

Mahasiswa KKN Unmul ini kemudian menuangkan dalam berbagai konten video dan konten media sosial serta website.

“Mahasiswa membuatkan website desa seperti desa Saliki dan desa Muara Badak Ilir, Selo Palai, dan Sambera.

Desa-desa juga diperkenalkan dengan konten youtube, Instagram, Facebook dan Blogspot maupun Wordpress.

Mahasiswa KKN Unmul ini juga menggelar sejumlah webinar.

"Webinar ini dihadiri para Pendamping Lapangan (PL) dari desa,” jelas Nurliah, dosen Ilmu Komunikasi, Unmul.

Salah satunya adalah Webinar bertema Potensi Ekowisata di Muara Badak dan Marangkayu Perspektif Ekonomi Bisnis, yang dilaksanakan 17 Juli 2020.

Webinar tersebut menghadirkan pembicara yang pakar di bidangnya yakni Manager Responsible Marina Tourism WWF Indonesia, Indarwati Aminuddin, Pemerhati Ekowisata dan dosen Ilmu Komunikasi, Kadek Dristiana Dwivayani, dan akademisi yang mendalami wilayah Marangkayu dan Muara Badak, Sabiruddin.

Rangkaian KKN KLB 46 LP2M Universitas Mulawarman di Kecamatan Muara Badak dan Marangkayu juga ditutup dengan Webinar Kecantikan : Glow Up During Pandemic, yang bertepatan dengan peringatan HUT ke-75 RI.

 

Webinar ini ini menghadirkan Beauty Content Creator sebagai pemateri yang juga mahasiswa KKN Unmul, Keke Shabila dan Influencer Acha Rustam sebagai moderator.

Berikut ini sejumlah video YouTube karya mahasiswa Unmul:

Link Website desa:

- Desa Prangat Baru >>> 

- Desa Sambera Baru >>>

Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul BEGINI KKN Online Mahasiswa Unmul saat Pandemi Covid-19, Konten YouTube, Webinar, dan Website Desa, https://kaltim.tribunnews.com/2020/08/18/begini-kkn-online-mahasiswa-unmul-saat-pandemi-covid-19-konten-youtube-webinar-dan-website-desa.

Editor: Amalia Husnul Arofiati

LP2M Unmul, KKN KLB 2020